Bangun「Baccarat Probability Play」 Rumah Saat Pandemi dan Resesi, Apakah Lebih Mahal?

  • 时间:
  • 浏览:0

Baca juBaccarat Probability Playga: Jangan Pakai Pinjaman KTA untuk DP Rumah agar Keuangan Selamat

"Kalau untuk bangun rumah nanti atau sekarang (saat pandemi) sebenarnya masiBaccarat Probability Playh sama ajaBaccarat Probability Play, enggak ada perubahan apapun. Selagi memang finansial kita ada dan cukup, enggak perlu nanti-nanti," jelas Eka.

Resesi yang terjadi di Indonesia pun semakin menambah kekhawatiran. Tak sedikit masyarakat saat ini sangat berhati-hati dan tak mau sembarangan menggunakan uang yang mereka punya.

Baca juga: UU Cipta Kerja, Apa Pengaruhnya ke Kemampuan Membeli Rumah?

Bukan tanpa alasan, Eka menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung 8 bulan ini tak begitu memengaruhi industri kontruksi.

Arsitek dan desainer interior Geo Living Studio, Eka Ferdiansyah memberikan pendapatnya akan hal tersebut ketika dihubungi Kompas.com, Senin (2/11/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak ada yang menyangka tahun 2020 menjadi tahun mewabahnya pandemi virus corona (Covid-19) yang memengaruhi segala aspek kehidupan. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Menurutnya, harga untuk bahan material hingga pekerja bangunan masih tetap, tidak terpengaruh pandemi. Kalaupun ada yang menaikkan harga, itupun tidak terlalu signifikan.

Berbagai rencana yang dicanangkan pun menjadi buyar karena pandemi, salah satunya urusan membangun ataupun merenovasi rumah.

Eka mengatakan kalau bahan material bangunan lokal saat ini menggunakan perhitungan Dollar AS.

"Untuk harga tukang pun sama aja, standar, enggak ada kenaikan sama sekali. Kalau untuk jasa kontruksi, malah kalau kontruksi dari pemerintah pun masuk dalam kategori bidang yang bisa berjalan, makanya enggak ada perubahan sedikitpun dari segi material atau tukang," terang Eka.

Oleh kerena itu, bagaimana bila seseorang membangun rumah di kondisi tak pasti dari pandemi Covid-19 dan resesi? Apakah lebih baik membangun rumah di saat keadaan membaik?