Kara「How to play gambling」kteristik Hikayat

  • 时间:
  • 浏览:0

How to play gamblingmeHow to plHow to play gamblingay gamblingnurut KBBI, kesHow to play gamblingaktian adalah kepandaian (kemampuan) berbuat sesuatu yang bersifat gaib (melampaui kodrat alam) atau kekuasaan gaib. Para tokoh yang terdapat dalam hikayat biasanya memiliki kesaktian yang melebihi orang biasa.

Baca juga: Karakteristik Teks Eksplanasi

Maksud dari istana sentris adalah hikayat sering bertema dan berlatar kerajaan. Dalam hikayat seringkali tokohnya adalah raja, pangeran, puteri, dan orang terdekat keluarga kerajaan.

Baca juga: Ciri Umum Cerita Fantasi Sebagai Salah Satu Jenis Teks Narasi

Menurut KBBI, anonim adalah tanpa nama, tidak beridentitas, awanama atau tidak ada penandatangannya.

Baca juga: Pengertian Cerita Fantasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Alur adalah rangkaian peristiwa yang mempunyai hubungan sebab akibat yang membentuk satu rangkaian cerita yang utuh.

Baca juga: Hikayat: Pengertian, Karakteristik, Nilai, Ciri Kebahasaan dan Contoh

Dalam hikayat biasanya menggunakan alur berbingkai atau cerita berbingkai. Maksud alur berbingkai adalah di dalam cerita ada cerita lain. Alur berbingkai dalam hikayat biasanya dengan menghadirkan tokoh lain yang bercerita tentang suatu kisah.

Mengutip Pengantar Pembelajaran Sastra (2017) karya Warsiman, ciri hikayat adalah:

Berikut ini penjelasan singkat masing-masing karakteristik hikayat:

Meski bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu tetapi kata-kata dalam hikayat banyak yang tidak dijumpai dalam bahasa Indonesia sekarang. Contoh kata arkais adalah beroleh, titah, buluh, mahligai, ditoreh, upeti, bejana, dan lain-lain.

Hikayat mempunyai ciri khas menggunakan bahasa Melayu klasik. Ditandai dengan penggunaan banyak konjungsi (kata penghubung) dan kata arkais. Berikut ini penjelasannya:

Menurut KBBI, konjungsi adalah kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat. Dalam hikayat, banyak penggunaan konjungsi (kata penghubung) pada setiap awal kalimat. Contoh konjungsi adalah maka, ketika, dan lain-lain.

Dalam hikayat banyak penggunaan kata arkais, yaitu kata-kata yang sudah jarang digunakan atau sudah asing bagi zaman modern saat ini. Karena hikayat adalah karya sastra klasik yang usianya jauh lebih tua dari negara Indonesia.

Salah satu ciri cerita rakyat, termasuk hikayat, adalah anonim. Anonim artinya tidak diketahui secara jelas siapa nama pencerita atau pengarang cerita tersebut. Penyebabnya, cerita rakyat hikayat biasanya disampaikan secara lisan.

Menurut KBBI, pengertian mustahil adalah tidak mungkin (terjadi). Kemustahilan dalam hikayat terdapat dalam teks, baik dari segi bahasa maupun dari segi cerita. Kemustahilan artinya sesuatu hal yang tidak logis atau tidak bisa dinalar oleh akal pikiran manusia.

Sedangkan mengutip Kemdikbud RI, karakteristik hikayat adalah:

KOMPAS.com - Karakteristik hikayat adalah terdapat kemustahilan dalam cerita, kesaktian tokoh-tokohnya, anonim, istana sentris, dan menggunakan alur berbingkai (cerita berbingkai). Berikut ini penjelasan singkat tentang karakteristik hikayat: