Perguruan Tinggi dan Kemelut Kek「Online gambling platform」uasaan di Dalamnya

  • 时间:
  • 浏览:0

“OnlinOnline gambling platfoOnline gambling platformrme gambling platformpeOnline gambling platformngetahuan akan melindungimu..”, Bisik sang DeOnline gambling platformwi

Aku tidak mungkin berdiam diri,

Meski dewi pengetahuan memberikanku bilik ruang yang nyaman diselimuti buku-buku

Buku karya Peter Fleming yang berjudul How Universities Die sedikitnya bisa memberikan gambaran tentang kondisi institusi pendidikan tinggi saat ini. Secara provokatif Fleming menjelaskan bagaimana universitas telah terperangkap dalam agenda-agenda neoliberalisme dan menjelma menjadi lingkungan yang toksik.

Harus diakui bahwa pandemi global Covid-19 telah memporak-porandakan berbagai sektor penting termasuk sektor pendidikan. Berbagai universitas dan lembaga pendidikan tinggi (baik negeri maupun swasta) kini sibuk mengatur berbagai strategi demi sustainability.

Lalu apa yang sedang terjadi dengan dunia kampus kita?

Di luar rumah ilmu, untaian kesengsaraan menanti

Penjarahan terhadap yang papa, pemerkosaan terhadap yang mungil

Jika tak pergi, maka aku akan menjadi wujud kejahatan

Musuh-musuh sang Dewi akan berpesta di atas air mata yang menderita

Puisi ini juga menyiratkan tentang dualisme pemikirian para intelektual di lingkungan akademik, yaitu antara mereka yang elitis dan nyaman berkutat dalam urusan kampus semata dan mereka yang tergerak hatinya untuk melakukan perubahan sosial.

Pada hari aku akan meninggalkan rumah ilmu

Dewi pengetahuan menyelipkan pesan di pergelangan tanganku“Pengetahuan akan memberikanmu harapan”

Rumah Ilmu karya Saras Dewi (2017)

SAJAK karya Saras Dewi di atas setidaknya mengilustrasikan bagaimana ilmu pengetahuan dapat berubah menjadi wujud kejahatan apabila kelompok intelektual menjaga jarak dengan realitas sosial dan melupakan fungsinya untuk menciptakan perubahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Sejatinya, para akademisi adalah penerang dan pembawa harapan yang mengemban tugas mulia dan berjuang melawan berbagai bentuk penindasan dengan ilmu pengetahuan.