7 Bumbu Masakan Jepang Bersertifikat Ha「Online Baccarat」lal MUI

  • 时间:
  • 浏览:0

MOnline BaccaratiOnline BOnline Baccarataccaratso merupaOnline BaccaratOnline Baccaratkan pasta yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi, seperti yang dilansir dari laman Savour Japan.

Namun, kamu pasti pernah merasa ragu perihal kehalalan dari bumbu masakan Jepang yang akan dibeli.

Ada beberapa jenis miso, seperti miso merah, miso putih, dan miso kuning. Masing-masing jenis miso memiliki rasa, teksur, aroma, dan kadar keasinan yang berbeda-beda.

Shoyu terbuat dari fermentasi kacang kedelai, garam, dan gandum. Shoyu bisa memberikan cita rasa yang cukup tajam pada suatu makanan.

Oleh karena itu, melalui wawancara daring, Kompas.com mengonfirmasi beberapa bumbu masakan khas Jepang dari beberapa merek yang bersertifikat halal MUI kepada Direktur Eksekutif LPPOM MUI, Ir. Muti Arintawati, M.Si pada Kamis (09/09/2021).

Kamu bisa membeli miso putih dan merah dari merek ENACHAN dengan harga sekitar Rp 35.000 per 300 gram.

SHUTTERSTOCK/K321

Ilustrasi sup miso tahu.

Baca juga: Apa Itu Tuna Tataki, Teknik Memasak Tuna ala Jepang?

“Data (bumbu masakan khas Jepang) yang disebutkan, jika didapatkan dari laman website LPPOM MUI. Tentunya sudah valid bahwa produk tersebut sudah bersertifikat halal.” kata Muti.

Kompas.com merangkum bumbu masakan khas Jepang dengan sertifikat halal MUI melalui laman LPPOM MUI.

“Karena pada laman website LPPOM MUI sudah tertulis dengan jelas juga, nama produk, nama produsen, nomor sertifikat, dan masa berlakunya sampai kapan.” tambah Muti kepada Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Baca juga: 

Baca juga: Resep Sup Miso, Masakan Rumahan Orang Jepang

Menurut Muti, jenis bumbu masakan khas Jepang yang ada di laman website LPPOM Mui sudah dipastikan memiliki sertifikat halal MUI.

Bumbu masakan Jepang cair ini juga bisa memberikan rasa umami pada suatu hidangan.

Kamu bisa bikin aneka kuliner ala Jepang dengan cita rasa yang khas tanpa perlu jauh-jauh terbang ke sana.

Baca juga: 6 Kecap dari Jepang, Tidak Hanya Shoyu

KOMPAS.com - Sedang ingin mencoba resep masakan khas Jepang? Tentunya, kamu tidak boleh melewatkan aneka bumbu sedap yang banyak digunakan di kuliner Jepang.

Melansir dari laman My Recipes, shoyu adalah kecap asin dengan tekstur yang cair. Biasanya, shoyu digunakan untuk tumisan, saus pencelup makanan, atau saus untuk sushi.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa membeli soy sauce atau kecap asin khas Jepang dengan merek Kikkoman dengan harga sekitar Rp 20.000 untuk 150 ml.